Aug 25, 2012

Monster VS Super Hero

Tiinnn... tiiinn... bunyi klakson panjang... lampu motor udah ambil kanan siap belok..
tapi sang lelaki masih gak mau minggir, tetep santai di jalurnya yang berlawanan..
"Kambing..! gak liat lampu apa!"

Ups... itu adalah kata yang saya lontarkan pada si lelaki sotoy tadi..
dan sedetik kemudian kami pun saling bertatapan muka..  matanya yang sedikit kemerahan karena iritasi, kumisnya yang tipis, rambutnya yang mirip boyband (gak pake helm), dan bulu hidungnya yaaang... (eits.. yang ini berlebihan... sepertinya tidak sedetail itu...) dan yang paling saya tidak suka adalah wajahnya yang tak merasa bersalah sedikitpun..

hmm..  akhir-akhir ini ketika naek motor rasanya teriakan "Hei!..", "Heh..!!" atau "Kaambing" lebih sering terdengar keluar dari pita suara saya sendiri.. rasa kesal yang muncul secara spontan.. (ya iyalah gmana gak kesel.. udah mah gak pake helm, sradak sruduk, melawan arus ngelewati marka jalan.. oke fine, kalo emang dia jago naek motor, lah yang laen gmana? emang jalanan punya embah nya..?) tuh kan jadi ngomel-ngomel di sini..

pokoknya kalo naek motor saya sering naik pelaminan eh naik pitam maksudnya dan pada saat itu rasanya seperti dikuasai oleh monster yang tiba2 muncul dalam diri saya sendiri.. (kalo tiba-tiba jadi HULK sih boleh juga.. kan bisa jadi anggota the avengers.. #eh), tapi kemudian yang ada malah nyesel.
nyesel udah kalah ama monster. kalah ama diri sendiri.

setiap orang punya monster dalam dirinya dan yang terpenting adalah bagaimana kita mengendalikannya. kita harus belajar pada Sayyidina Ali ra untuk hal ini, beliau yang tidak jadi membunuh ketika sedang berada di medan perang lantaran ia telah diludahi oleh musuh yang sudah tak berdaya. Padahal tinggal tebas sekali sudah terpentallah kepala musuh beliau itu berguling-guling di padang pasir kemudian dimakan burung bangkai. Tapi saat itu belum terjadi, saat beliau diludahi, maka amarahnya lah yang menguasainya, musuhnya bukan lagi seorang kafir dihadapannya tapi 'monster' dalam dirinya. Dan beliau tak membiarkan monster itu menang, memukulnya telak seperti seorang superhero. Tak membiarkan monster itu berkutik sedetik pun.

Dan aku pun sedang belajar untuk mengalahkan monster seperti beliau..
seperti superhero sejati..

2 comments: