Dec 28, 2013

tetap BIRU

If you change the way you look at things. The things you look at change (Wayne Dyer)

air laut akan terasa nyaman kecuali ada luka, ia terasa perih. Jangan salahkan air laut, obati saja lukanya. (Anies Baswedan)

apa yang berubah dari air laut? ia tetap asin dan akan selalu begitu sesuai dengan sifat aslinya… lalu kenapa dia bisa menyebabkan dua kondisi yang berbeda? Disatu sisi dia membuat nyaman namun disisi lain ia membuat perih?

sebenernya yang berubah bukanlah air lautnya tetapi sudut pandangnya… dan kondisi kita yang berubah, bukan pada objeknya tapi pada subjek yaang memandangnya…

kita memandang air laut sebagai sesuatu yang hangat dan nyaman untuk bermain, selalu menggoda kita untuk men ‘cemplung’ kan badan kita dan membuat basah… namun ketika kita mempunyai luka yang belum kering, bahkan luka gores kecil saja membuat air laut itu menjadi perih, tak menarik lagi untuk diajak bermain.. ombaknya tak terlihat lagi melambai lambai ngajak nyemplung… lalu apakah air laut itu yang berubah? Yang pasti bukan!

perubahan sikap pada seseorang itu wajar. karena semua yang ada di alam inipun berubah sesuai waktunya... tapi.. kita mungkin seringkali salah menyikapi sikap orang lain.. menuduhnya telah berubah, dia yang dulunya dekat kemudian jadi kurang akrab, seperti ada jurang pembeda yang tiba tiba saja terlihat… lalu dengan mudah men’judge’ bahwa orang lain itu berubah. Kita lupa memakai sudut pandang lain. Kita hanya memandang dari apa yang kita kira, syak wasangka belaka, prasangka yang lebih sering salah dibanding benar.

saya yang berubah?, kamu yang berubah?? atau  mungkin… hanya cara pandang kita yang berubah??

Seperti air laut tadi… mungkin orang yang kita sangka berubah ternyata tak berubah sedikitpun. Mungkin ia memang tetap ramah, tetap bersahabat, tetap baik, tapi ada sesuatu di diri kita yang berbeda, bisa jadi sebagian besar karena faktor lingkungan. karena kita yang sibuk sendiri, Karena kita yang jauh dan jarang menyapa, atau kondisi psikologis yang lain..

Sejatinya tak ada yang berubah padanya.. ia berubah karena cara pandang kita yang berubah...

ia tetap saja asin.
Tetap biru.

No comments:

Post a Comment